Dery Lovenewdays
Blog Universitas Komputer Indonesia

Manual Installasi Joomla

Manual Installasi Joomla

Menginstall Joomla secara manualTutorial Joomla kali ini akan memandu anda langkah demi langkah tentang cara Installasi Joomla secara Manual, Installasi Joomla akan lebih mudah lagi dikerjakan dengan menggunakan software auto-installer seperti fantastico,namun tidak semua hosting menyediakan fasilitas auto installer maka dari itu digunakan jalan alternatif lain dengan cara menginstall Joomla secara manual.

Untuk menginstall joomla secara manual ikuti langkah-langkah berikut ini :

Langkah 1. Buat database MySQL untuk instalasi Joomla anda dan menambahkan user baru . Hal ini dapat dilakukan dengan mudah dengan cPanel dengan mengikuti tutorial database MySQL . Jika Anda tidak menggunakan cPanel Anda bisa merujuk ke manual MySQL tentang cara membuat database dan cara menambahkan pengguna(user) untuk hal ini.

Langkah 2. Buat folder bernama upload pada komputer Anda.

Langkah 3. Download file. Zip dengan versi terbaru ke folder upload dan ekstrak di sana.

Langkah 4. Upload semua isi dari folder upload ke direktori pada server di mana Joomla 1.5 akan diinstal. Saya rekomendasikan agar menggunakan FTP untuk meng-uploadnya.

Langkah 5. Ini akan baik http://your_domain_name.com atau subdirektori seperti http://your_domain_name.com/example.

Langkah 6. Anda akan diarahkan ke halaman instalasi Joomla:

installation joomla

Pada halaman pertama installasi anda di haruskan untuk memilih bahasa installasi.

Note: bahasa yang dipilih hanya berlaku selama proses installasi . setelah Joomla di install akan kembali ke bahasa inggris.

Langkah 7. joomla akan melakukan pemeriksaan system. apabila gagal memenuhi persyaratan atau rekomendasi fungsional akan menyebabkan masalah keamanan nantinya.

Maka dari itu cermati persyaratannya terlebih dahulu, berikut screenshot persyaratan Joomla 1.5 yang harus di penuhi : install joomla secara manualLangkah 8. Setelah anda yakin bahwa semua persyaratan sudah terpenuhi, selanjutnya klik [Next] yang terdapat di pojok kanan atas.

Langkah 9. Berikutnya anda harus menerima lisensi dari joomla itu, dan klik [Next ] untuk melanjutkannya.

Langkah 10. pada halaman berikutnya anda akan di minta untuk memasukkan rincian data MySQL anda

apabila anda kesulitan di bagian ini, Berikut adalah gambar yang memberikan contoh apa yang harus dimasukkan, ini hanyalah contoh semuanya sesuaikan dengan data mySQL anda. manual installasi joomla

Langkah 11. Berikutnya anda harus mengkonfigurasi FTP. pilih saja ke pengaturan default, dan klik [next] yang terdapat pada menu sebelah kanan di bagian atas.

Langkah 12. Halaman yang muncul selanjutnya merupakan langkah terakhir untuk menyelesaikan installasi Joomla, yang akan meminta alamat email dan password admin, klik [Next] untuk melanjutkan. install Joomla secara manual

Note: dalam contoh di atas kita tidak menggunakan opsi install sampel data karena dapat menyebabkan kebingungan dan membutuhkan waktu untuk menghapus semua data

Langkah 13. Di halaman terakhir dari instalasi wizard Anda akan menerima konfirmasi bahwa Joomla telah berhasil diinstal.

sebelum anda dapat mengakses Joomla 1.5 anda harus menghapus direktori installasi terlebih dahulu

Sumber: http://theekem.paidtoblog.com/joomla/menginstall-joomla-secara-manual/

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 30 Juli 10 - 10:32 WIB
Dibaca sebanyak : 646 Kali
Facebook Feedback